Mengenal Aplikasi AI Chat GPT

 

 

AI atau Artificial Intelligence sering kita dengan akhir akhir ini. Kalau diterjemahkan ke Bahasa Indonesia artificial Intelligence berarti kecerdasan buatan. Kita lihat defenisi AI menurut ahli :

 Menurut H. A. Simon [1987] :

“ Kecerdasan buatan (artificial intelligence) merupakan kawasan penelitian, aplikasi dan instruksi yang terkait dengan pemrograman komputer untuk melakukan sesuatu hal yang dalam pandangan manusia adalah- cerdas”

Artificial Intelligence Rich and Knight [1991]:

“Kecerdasan Buatan (AI) merupakan sebuah studi tentang bagaimana membuat komputer melakukan hal-hal yang pada saat ini dapat dilakukan lebih baik oleh manusia.”

Berdasarkan Encyclopedia Britannica:

“Kecerdasan Buatan (AI) merupakan cabang dari ilmu komputer yang dalam merepresentasi pengetahuan lebih banyak menggunakan bentuk simbol-simbol daripada bilangan, dan memproses informasi berdasarkan metode heuristic atau dengan berdasarkan sejumlah aturan”

Sekarang ini banyak aplikasi komputer yang dilengkapi AI yang ditujukan untuk kepentingan tertentu. Salah satunya adalah Chat GPT. Chat GPT adalah kependekan dari Chat Generative Pre-trained Transformer. Chat GPT adalah aplikasi yang dilatih (disisipi kecerdasan buata) menggunakan metode pembelajaran mendalam (deep learning) dengan dataset yang sangat luas, termasuk teks dari berbagai sumber seperti artikel, buku, situs web, dan percakapan manusia. Chat GPT dilatih untuk memahami dan menghasilkan teks yang sesuai pesan (chat) yang diinputkan pengguna. Layaknya seperti aplikasi chat seperti Line atau WhatsApp, Chat GPT akan menjawab pertanyaan atau chat yang kita kirim ke dia.

Untuk bisa menggunakan Chat GPT anda bisa mengikuti langkah berikut :

       Aktifkan Browser anda.

       Buka link https://chat.openai.com/?



  • Sebelum menggunakan aplikasi Chat GPT kita akan diminta “LogIn” terlebih dahulu. Gunakan saja pilihan LogIn dengan akun google (Continue with Google). Masukkan username dan password akun google kamu.
  • Sekarang Chat GPT siap untuk digunakan. 

Pada bagian bawah tampilan antar muka Chat GPT ada kotak Send a message, kita bisa mengetikkan pertanyan yang akan kita ajukan disini. Jika sudah dimasukkan pertanyaan bisa ditekan tombol Enter atau klik mata panah yanh ada disebelah kanan kotak. Chat GPT akan memberikan jawaban atas. pertanyaan yang kita ajukan.

Selamat mencoba!

(malin_basa)