Perebutan Tempat Ketiga: Indonesia Kalah 1-2 dari Irak

  

(Sumber gambar : pssi.org

Garuda Muda kembali mengalami kekalahan. Pertandingan perebutan posisi ketiga Piala Asia U-23 yang diselenggarakan Kamis (2/5/2024) pukul 22.30 WIB di Stadion Abdullah bin Khalifa Doha, dimenangkan oleh Irak dengan skor 1-2. Gol kemenangan Irak di cetak pada babak ekstra time.

Indonesia unggul lebih dulu dalam pertandingan ini. Ivan Jenner berhasil membobol gawang Irak pada menit ke-19. Keunggulan Indonesia tidak berlangsung lama. Pada menit ke-27 Irak berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Gol Irak untuk menyamakan kedudukan dicetak oleh Zaid Tahseen pada. 

Walau pun tampil tanpa sang kapten, Rizki Ridho, Indonesia tampil sangat bagus. Rizki Ridho mendapatkan kartu merah saat pertandingan melawan Uzbekistan. Posisi kapten digantikan oleh Rio Fahmi. Indonesia dan Irak sama sama menampilkan permainan menyerang. Kedua tim mempunyai motivasi yang  kuat untuk memenangkan posisi ketiga. 

(Sumber gambar  pssi.org

Pada babak kedua Indonesia lebih banyak menguasai bola dibanding Irak. Namun mengalami kesulitan dalam menembus pertahanan Irak. Sebuah peluang dan Marselino Ferdinan gagal membuahkan gol. Tendangan Marselino masih melayang di atas mistar gawang Irak. Indonesia mendapat peluang lagi pada menit ke-80. Aksi "solo run" yang dilakukan Struick yang kemudian dilanjutkan dengan umpan ke arah Witan Sulaiman masih bisa diamankan oleh kiper Irak. Indonesia hampir mendapatkan hukuman pinalti pada menit ke-85, namun keputusan itu dibatalkan wasit setelah melihat VAR. Hasil Imbang 1-1 ini terus bertahan sampai habis waktu normal. 

Pada Babak perpanjangan waktu Indonesia terus menyerang, namun masih gagal menembus benteng pertahanan Irak. Nasib naas dialami Indonesia. Irak berhasil membobol benteng pertahanan Indonesia melalui pemain Ali Jasim pada menit ke-96. Skor 1-2 ini bertahan sampai habis waktu ekstra. Indonesia gagal mereput tempat ketiga. Tempat ketiga Piala Asia U-23 direbut oleh Irak (malin_basa)