Kalah dari Irak: Indonesia Masih Berpeluang Melaju ke Olimpiade Paris 2024

  

Timnas Indonesia U-23 (Sumber : the-afc.com)


Pertandingan untuk memperebutkan posisi ketiga Piala Asia U-23 2024 sudah usai. Irak berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 1-2. Indonesia harus berpuas diri menempati posisi keempat. 

Indonesia yang memiliki asa untuk bisa masuk ke Olimpiade Paris 2024 dalam cabang Sepak Bola harus bersabar dulu. Peluang itu belum hilang. Masih ada peluang jika Indonesia berhasil menundukkan Guinea dalam pertandingan Play Off yang akan dilaksanakan tanggal 09 Mei 2024 nanti. 


Indonesia sebelumnya sudah pernah mengikuti Olimpiade pada cabang olah raga sepak bola. Keikutsertaan Indonesia itu pada tahun 1956. Kala itu Olimpiade dilaksanakan di Australia. 

Cabang Olah raga Sepak Bola tahun 1956 diikuti 11 negara selain Indonesia ada Yugoslavia, Amerika Serikat, Australia, Jepang, India, Uni Soviet, Jerman, Britania Raya, dan Thailand. Satu negara lagi adalah Vietnam, namun Vietnam mengundurkan diri. Karena Vietnam mengundurkan diri, Indonesia dinyatakan menang WO (Walk Over) dan melaju ke babak perempat final. 

Di babak perempat final Indonesia dikalahkan Uni Soviet. Pertandingan pertama Indonesia melawan Uni Soviet berakhir imbang 0-0. Di masa itu belum ada aturan perpanjangan waktu dan adu pinalti. Pertandingan diulang beberapa hari kemudian, dan Indonesia kalah dari Uni Soviet dengan skor 4-0. 

Semoga harapan Garuda Muda, harapan kita semua, bangsa Indonesia bisa terwujud untuk bisa tampil kedua kalinya di ajang Olimpiade.Kita do'akan Garuda Muda meraih kemenangan di pertandingan Play Off melawan Guinea 09 Mei 2024 mendatang (malin_basa)