Indonesia VS Irak: Mengintip Kekuatan Kedua Tim

  

Irak VS Indonesia (Sumber foto : www.the-afc.com)

Timnas U-23 akan melakoni pertandingan melawan Irak pada Kamis 02/05/2024 pukul 22.30 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha. Pertandingan ini akan menjadi pembuktian mana yang lebih kuat dari kedua tim. Tim yang menang akan penduduki peringkat ketiga Piala Asia U-23 Tahun 2024.

Kalau dilihat peta kekuatan, mana yang lebih kuat diantara kedua tim?. Kedua tim tentunya adalah tim tim terbaik. Ini terbukti lolosnya mereka sampai ke babak semifinal. Secara Rangking FIFA, Indonesia tentu tertinggal jauh dari Irak. Irak menduduki ranking 58 sedangkan Indonesia menduduki rangking 134.

Ranking FIFA bisa menunjukkan tinggi rendahnya kualitas sepak bola suatu negara. Namun ranking FIFA diambil dari nilai tim senior. Tentu saja ada berbeda dengan tim junior. Soal Ranking Indonesia tidak perlu gentar, karena ranking FIFA tidak bisa menunjukkan secara pasti lemahnya kekuatan tim Garuda Muda.

Kalau dilihat dari perjuangan tim menuju babak semifinal. Indonesia tentunya boleh “membusungkan dada”. Indonesia berhasil menundukkan tim kuat seperti Australia dan Korea Selatan. Perjalanan Indonesia sampai saat ini adalah :

Indonesia

0

2

Qatar

Indonesia

1

0

Australia

Indonesia

4

1

Jordania

Indonesia

13(2)

12(2)

Korea Selatan

Indonesia

0

2

Uzbekistan

 

Irak pun bukanlah tim ayam sayur. Mereka melaju ke babak semifinal setelah berhasil mengalahkan tim kuat seperti Arab Saudi. Berikut perjalanan Tim Irak menuju Semifinal

Irak

0

2

Thailand

Irak

2

1

Arab Saudi

Irak

4

2

Tajikistan

Irak

1

0

Vietnam

Irak

0

2

Jepang

 

Kalau dilihat dari perjalanan kedua tim, bisa dilihat kedua tim sama sama mengalami 2 kali kekalahan. Satu kali di babak fase group dan satu kali di babak semifinal. Bagaimana pun kondisinya kita tentu berharap Garuda Muda bisa berjaya dan mengepakkan sayapnya lebih lebar menuju Olimpiade Paris 2024.