Final Piala Asia U-23 2024: Jepang Tampil Sebagai Juara

   

Jepang tampil sebagai pemenang (sumber : the-afc.com)

Partai puncak piala asia U-23 2024 sudah usai. Pertandingan yang digelar di Stadion Jassim Bin Hamad, Jumat (3/5/2024) jam 22.30 WIB. Pertandingan yang mempertemukan Jepang dengan Uzbekistan ini berakhir dengan skor 1-0 untuk kemenangan Jepang.

Di awal awal pertandingan Uzbekistan yang belum pernah kebobolan semenjak digelarnya piala asia u-23 ini terus menekan. Terlihat Uzbekistan dapat mendominasi permainan. Namun peluang peluang yang dimiliki Uzbekistan tidak satu pun yang berhasil dikonversi menjadi gol.

Babak kedua Uzbekistan terus menekan Jepang. Jepang sendiri mulai membangun serangan ke titik pertahanan Uzbekistan. Kedua tim sama sama kesulitan untuk encetak gol. Hingga habis waktu 90 menit, permainan masih sama 0-0

Secara mengejutkan di babak perpanjangan waktu, tepatnya 90+1 menit, Jepang berhasil membobol gawang Uzbekistan. Fuki Yamada, Pemain yang berhasil melesatkan tendangannya di luar kotak pinalti untuk membobol gawang Uzbekistan. 

Dalam kedudukan unggul 1-0, Jepang mendapat nasib sial. Pada menit ekstra time 90+7 menit, Uzbekistan mendapatkan hadiah pinalti. Pemain Jepang kedapatan menyentuh bola di areal kotak pinalti. Umarali Rakhmonaliyev gagal memanfaatkan kesempatan yang didapatkan Uzbekistan hasil tayangan VAR (Video Assistant Referee) ini. Sampai akhir babak kedua kesempatan kedudukan masih tetap 1-0 untuk kemenangan Jepang. Selamat Jepang !!! (malin_basa)