Melihat Aneka Satwa di Kebun Binatang Bukittinggi



Taman Marga Satwa dan Budaya Kinantan Bukittinggi atau lebih dikenal oleh masyarakat dengan Kebun Binatang Bukittinggi merupakan tempat tinggal aneka macam satwa. Kebun Binatang  Bukittinggi masih berlokasi di kawasan Pasar Atas Bukittinggi. Lokasinya kurang lebih 500 meter arah utara Jam Gadang. Di Kebun Binatang Bukittinggi kita bisa menemukan aneka ragam Burung, Gajah, Singa, Beruang, Buaya, Harimau dan lain lain.

Singa sedang berjemur

Masuk dari gerbang pintu masuk Kebun Binatang Bukittinggi, kita akan disambut oleh Rusa yang asyik bermain di kandangnya. Tidak jauh dari kandang rusa kita akan melihat sepasang gajah yang berdiam di kandangnya. Pada hari libur pengunjung bisa mendapatkan kesempatan naik ke punggung gajah. Berjalan mengitari kandang.

Di Kebun Binatang Bukittinggi, tidak hanya disuguhkan pemandangan aneka satwa yang mendiami kandangnya. Di sini kita juga bisa singgah ke Rumah Adat Baanjuang. Rumah Adat Baanjuang adalah bangunan berbentuk rumah tradisional minang kabau. Dalam rumah adat Baanjuang kita bisa melihat aneka benda tradisional khas Minang Kabau.

Tahun 2021 Pemerintah kota Bukittinggi merevitalisasi kebun binatang Bukittinggi. Selain mempercantik areal jalan kaki juga dilakukan penambahan jumlah binatang dan fasilitas lainnnya. Setelah perombahakan pengunjung mendapatkan kesempatan berinteraksi dengan Harimau Sumatera melalui dinding kaca. Beberapa dinding pagar ada yang disulap menjadi spot berfoto yang cantik. Pengunjung yang akan berkunjung ke Taman Marga Satwa dan Budaya Kinantan Bukittinggi dikenakan tarif masuk sebesar Rp. 20.000,- untuk anak anak usia 3 tahun sampai 11 tahun. Untuk orang dewasa atau yang berusia 12 tahun ke atas dikenakan tarif masuk sebesar Rp. 25.000,- dan untuk turis manca negera dikenakan tarif masuk Rp. 50.000,-